MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN NEGERI DUMAI

Jalan Raya Bukit Datuk, Kota Dumai, Provinsi Riau, Telp : (0765) 31076, Fax : 31076, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • Pengadilan Negeri Dumai
  • Keterbukaan Informasi Publik
  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)
  • Pengaduan Online
  • Dalam rangka memenuhi Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 144/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 28 Agustus 2007 tentang Keterbukaan Informasi Di Pengadilan, maka Pengadilan Negeri Dumai melalui website ini sebagai salah satu media informasi modern berusaha memberikan sarana dan prasarana informasi kepada para pencari keadilan khususnya yang berada di wilayah hukum Pengadilan Negeri Dumai.
  • Pengadilan Negeri Dumai menyajikan informasi kepada publik ataupun masyarakat mengenai hal-hal ataupun keadaan yang ada dilingkungan Pengadilan ataupun wilayah hukum melalui sarana membuka website dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan informasi pengadilan dan menguatkan prinsip peradilan yang terbuka dan akuntabel.
  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) adalah aplikasi berbasis web yang diperuntukan bagi Pengadilan Negeri dalam administrasi dan penelusuran (tracking) terhadap data perkara dan dipubilasikan untuk masyarakat.
  • Bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pengadilan Negeri Dumai. siwas.mahkamahagung.go.id.

AUDIT AKREDITASI TAPM BADILUM DI PENGADILAN NEGERI DUMAI

 Active Image

Pada 13 November 2017 Pengadilan Negeri Dumai kedatangan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI, adapun tujuan kedatangan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Bpk. Dr. Haswandi, SE., SH., M.Hum, dengan didampingi Ibu Herti Setiawati, RR., SH., MH, Bpk. Chandra, S.H. dan Bpk. Indra Kurniawan, SE., MM.Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI adalah untuk melakukan  Penilaian (Audit) Akreditasi Penjaminan Mutu terhadap Pengadilan Negeri Dumai.

              

Pada hari senin tanggal 13 November 2017 dilakukan opening meeting,  Dalam sambutannnya pada opening meeting Bpk. Dr. Haswandi, SE., SH., M.Hum. menyampaikan bahwa ini merupakan pertama kalinya beliau mengunjungi Pengadilan Negeri Dumai, kemudian disampaikan pula mengenai jadwal Audit dan MOU yang harus ditandatangani selama Audit berlangsung. Akreditasi Penjaminan Mutu ini untuk mewujudkan Performa / Kinerja Peradilan Indonesia Yang Unggul / Prima (Indonesia Court Performance Excelent) . ICPE dapat dicapai melalui kegiatan evaluasi diri, akreditasi, dan sertifkasi. Terdapat 7 (tujuh) kriteria penilaian ICPE dalam akreditasi penjaminan mutu ini. Kriteria tersebut adalah kriteria Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Document System, Resource Management, Process Management, dan kriteria Performance Result.

              Pelaksana Audit dimulai dari Top Manajemen, Management Representative, Internal Audit, Document Control, Indeks  Kepuasan Masyarakat. Tim Penjamin Mutu Pengadilan Negeri Dumai di audit satu per satu dengan dilengkapi evidence dokumen. Audit  dilanjutkan dengan Audit Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang masing-masing didampingi oleh Hakim Pengawas Bidang dan Panitera serta Sekretaris. Selanjutnya Auditor melakukan pengamatan di Ruang Arsip, Ruang Teknologi Informasi (Server), Ruang Persediaan, Ruang perpustakaan,  tata kelola ruangan, kebersihan keseluruhan Kantor termasuk Toliet, uji petik dan sampling berkas perkara.

              Kegiatan dilanjutkan dengan dilakukan Closing meeting, dan dinyatakan bahwa Pengadilan Negeri Dumai layak untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum. Dari audit disimpulkan bahwa terdapat 24 temuan Minor dan 9 Observasi. Terhadap 24 temuan Minor diberikan waktu selama 3 Hari untuk memperbakinya, sedangkan 9 observasi akan dipantau lagi pada saat audit berikutnya 6 bulan. Nilai Akreditasi akan di umumkan pada rapat pemberian sertifikat yang diagendakan di Makasar pada tanggal 29 November 2017.

              Diakhir kesempatan, Ketua Pengadilan Negeri Dumai, Bpk. Dr. Agus Rusianto, SH., MH. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI atas kedatangannya, dan memohon maaf apabila selama berada di Pengadilan Negeri Dumai merasa ada yang kurang. Acara closing ditutup dengan do’a dengan harapan agar kedepanya Pengadilan Negeri Dumai akan terus meningkatkan kinerja. Semoga Pengadilan Negeri Dumai selalu bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan di Dumai.

Copyright ©2016 | Pengadilan Negeri Dumai