MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN NEGERI DUMAI

Jalan Raya Bukit Datuk, Kota Dumai, Provinsi Riau, Telp : (0765) 31076, Fax : 31076, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • Pengadilan Negeri Dumai
  • Keterbukaan Informasi Publik
  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)
  • Pengaduan Online
  • Dalam rangka memenuhi Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 144/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 28 Agustus 2007 tentang Keterbukaan Informasi Di Pengadilan, maka Pengadilan Negeri Dumai melalui website ini sebagai salah satu media informasi modern berusaha memberikan sarana dan prasarana informasi kepada para pencari keadilan khususnya yang berada di wilayah hukum Pengadilan Negeri Dumai.
  • Pengadilan Negeri Dumai menyajikan informasi kepada publik ataupun masyarakat mengenai hal-hal ataupun keadaan yang ada dilingkungan Pengadilan ataupun wilayah hukum melalui sarana membuka website dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan informasi pengadilan dan menguatkan prinsip peradilan yang terbuka dan akuntabel.
  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) adalah aplikasi berbasis web yang diperuntukan bagi Pengadilan Negeri dalam administrasi dan penelusuran (tracking) terhadap data perkara dan dipubilasikan untuk masyarakat.
  • Bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pengadilan Negeri Dumai. siwas.mahkamahagung.go.id.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) PENGADILAN NEGERI DUMAI

A. TUGAS POKOK

Tugas pokok pada Pengadilan Negeri Dumai ada 5 (lima), yaitu sebagai berikut:

  1. Memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama;
  2. Dapat memberikan keterangan, pertimbangan, dan nasihat tentang hukum kepada instansi Pemerintah didaerahnya, apabila diminta;
  3. Dapat diserahi tugas dan kewenangan lain oleh atau berdasarkan undang-undang;
  4. Memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan putusan dan biaya perkara dalam proses persidangan;
  5. Menyampaikan salinan putusan kepada para pihak.

C. ORGANISASI

Tugas utama pada organisasi Pengadilan Negeri Dumai  adalah sebagai berikut :
Pada Pengadilan Negeri Dumai terdapat Kepaniteraan yang dipimpin oleh seorang Panitera dan Kasubbag yang dipimpin oleh Sekretaris, dengan tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

1.   Panitera

Dalam hal ini fungsi Kepaniteraan mencakup 5 (lima) hal, yaitu:

  1. Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya;
  2. Panitera dengan dibantu oleh Wakil Panitera dan Panitera Muda harus menyelenggarakan administrasi secara cermat mengenai jalannya perkara perdata dan pidana maupun situasi keuangan;
  3. Bertanggung-jawab atas pengurusan administrasi Kepaniteraan, seperti berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat-surat bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di Kepaniteraan;
  4. Membuat salinan putusan;
  5. Menerima dan mengirimkan berkas perkara;
  6. Melaksanakan eksekusi putusan perkara perdata yang diperintahkan oleh Ketua Pengadilan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Bidang Kepaniteraan dibagi dalam 4 (Empat) Kepaniteraan yaitu:

  1. Kepaniteraan Perdata,
    • Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya;
    • Melaksanakan administrasi perkara perdata, mempersiapkan persidangan perkara perdata, menyimpan berkas perkara perdata yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara perdata;
    • Memberi Nomor Registrasi pada setiap perkara perdata yang diterima di Kepaniteraan;
    • Mencatat setiap perkara perdata yang diterima ke dalam Buku Register Perkara Perdata disertai catatan singkat tentang isinya;
    • Menyerahkan arsip perkara perdata kepada Panitera Muda Hukum.
  2. Kepaniteraan Pidana,
    • Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya;
    • Melaksanakan administrasi perkara pidana, mempersiapkan persidangan perkara pidana, menyimpan berkas perkara pidana yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara pidana;
    • Memberi Nomor Registrasi pada setiap perkara pidana yang diterima di Kepaniteraan;
    • Mencatat setiap perkara pidana yang diterima ke dalam Buku Register Perkara Pidana disertai catatan singkat tentang isinya;
    • Menyerahkan arsip perkara pidana kepada Panitera Muda Hukum.
  3. Kepaniteraan Hukum,
    • Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya;
    • Mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, menyajikan statistik perkara, menyusun laporan perkara, menyimpan arsip berkas perkara, melakukan administrasi penasehat hukum, serta tugas lain yang diberikan Peraturan Perundang-undangan;
    • Mengolah dan mengevaluasi laporan periodik dalam wilayah hukumnya untuk dilaporkan kepada Pimpinan Pengadilan.

Masing-masing Kepaniteraan tersebut dipimpin oleh seorang Panitera Muda selaku kepala sub Kepaniteraan.

2.   Sekretaris

Dalam hal ini fungsi Sekretaris mencakup 2 (Dua) lima hal, yaitu:

  1. Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya;
  2. Sekretaris dibantu oleh Wakil Sekretaris, Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Sub Bagian Kepegawaian, dan Kepala Sub Bagian Keuangan bertugas menyelenggarakan administrasi Kesekretariatan, seperti pengelolaan administrasi umum, kepegawaian dan keuangan.

Bidang kesekretariatan ini dibagi dalam 3 (tiga) Sub yaitu:

  1. Sub Bagian Kepegawaian,
    • Mengelola data pegawai;
    • Menangani proses usulan pemindahan, pengangkatan, pemberhentian, dan pensiun pegawai;
    • Menangani proses kenaikan pangkat dan DP3 pegawai;
    • Memproses SK kenaikan gaji berkala pegawai;
    • Mempersiapkan berita acara penyumpahan dan pelantikan pejabat dan pegawai;
    • Memproses permintaan KP4, SPT, LP2P, ASKES dan TASPEN pegawai;
    • Memproses usulan pembuatan KARPEG, KARIS dan KARSU pegawai;
    • Mengelola absensi pegawai.
  2. Sub Bagian Umum Dan Keuangan,
    • Membuat rencana kerja dan jadwal pelaksanaan kegiatan pada tahun yang bersangkutan / tahun berjalan;
    • Menangani masalah keuangan, baik keuangan penerimaan Negara bukan pajak, pengeluaran, anggaran, dan hal-hal lain yang menyangkut pengeluaran pengadilan diluar perkara pengadilan;
    • Membuat RKA-KL, mengelola DIPA tahun yang bersangkutan / tahun berjalan, mengelola gaji pegawai Pengadilan;
    • Menangani surat masuk dan surat keluar;
    • Mengelola daftar inventaris dan aplikasi inventaris;
    • Mengelola perpustakaan.
  3. Sub Bagian Perencanaan, Teknologi dan Informasi,
    bertugas melakukan urusan di bidang Perencanaan, Teknologi dan Informasi

Masing-masing Sub.Bagian ini dipimpin oleh seorang Kepala Sub. Bagian.

Copyright ©2016 | Pengadilan Negeri Dumai